Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen

Dirgahayu Ke-73 KODAM V / BRAWIJAYA 2021

 

 

Hari ini Kodam V/Brw berulang tahun. Berikut sejarah singkatnya.
Hari lahir Kodam V berawal dari keputusan Menteri Pertahanan RI nomor: A/532/48 tanggal 25 Oktober 1948, dari ketiga Divisi yaitu Divisi V Ronggolawe, Divisi VI Narotama dan Divisi VII Soeropati, digabung menjadi TNI Divisi I Jawa Timur. Peresmian TNI Divisi I Jawa Timur ini dilaksanakan di Lapangan Kuwak Kediri dengan Inspektur Upacara Panglima Tentara Teritorium Jawa, Kolonel Abdul Haris Nasution pada tanggal 17 Desember 1948.
Penetapan sebutan Brawijaya
Pada tanggal 17 Desember 1951, saat ulang tahun Divisi I/Djawa Timur yang ke-3 diresmikan sebutan Divisi I/Brawidjaja, sebagai pengganti Divisi I/Djawa Timur. Brawijaya adalah dinasti masa kerajaan Majapahit yang telah berhasil mempersatukan wilayah nusantara dan menjadikan Majapahit sebagai kerajaan yang mencapai kejayaan. Awalan Bra atau Bhre pada Brawijaya, mengandung arti Agung, gelar kehormatan yang diberikan pada pemuda ksatria, pendiri (negara) kerajaan Majapahit bernama Wijaya.
Penokohan Brawijaya bagi TNI Divisi I/Jawa Timur, adalah agar sifat-sifat kepemimpinan, keperwiraan dan keprajuritan yang dimiliki oleh Wijaya dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada prajurit Divisi I/Jawa Timur dalam rangka menunaikan tugas pengabdiannya terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Selanjutnya Divisi I/Brawijaya berubah menjadi Tentara Teritorium V/Brawijaya, Komando Daerah Militer (Kodam VIII/Brawijaya), dan Kodam V/Brawijaya. Perubahan ini disebabkan adanya reorganisasi yang dilakukan TNI-AD, berpedoman pada prinsip “A Small Effective Unit”.

Saat ini, Kodam V/Brawijaya dipimpin Panglima Kodam (Pangdam) berpangkat Mayor Jenderal. Jabatan Pangdam V/Brw diduduki oleh Mayjen TNI Nurchahyanto.
(Sumber: id.wikipedia.org).

#eReSTeLover
#KolegaRSTDS
#rsblutniad
#kodam5brw
#kesdamv
#BLUSpeed
#BLUBerstrategiPulihkanEkonomi
#BLUUntukIndonesia
#BadanLayananUmum