Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen

Dirgahayu Hari Juang TNI-AD 2021

 

Tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika. Sebelumnya, peringatan Hari Juang Kartika disebut sebagai Hari Infanteri. Hari Juang Kartika pada hakikatnya dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan 76 tahun silam di Kota Ambarawa.
Ambarawa juga disebut sebagai Kota Palagan Ambarawa yang bahkan dibuatkan museumnya bernama Museum Palagan Ambarawa. Palagan Ambarawa sendiri mengacu pada pertempuran dahsyat antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan Sekutu. Pertempuran Ambarawa terjadi pada 20 November-15 Desember 1945.
Pertarungan di Benteng Willem pada 15 Desember 1945 menjadi tanda kemenangan Indonesia atas pasukan sekutu. Keberhasilan para pejuang mempertahankan Ambarawa dari sekutu inilah yang diperingati menjadi Hari Juang Kartika.
Kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri. Berdasar Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika.