Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen

Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni 2021

Darah dan kehidupan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Darah menggerakkan kehidupan. Darah membuat kehidupan berdenyut. Para Pendonor Darah menyelamatkan jutaan nyawa dan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup banyak pasien setiap hari. Karenanya sangat tepat, bila peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2021 yang jatuh pada setiap tanggal 14 Juni ini mengambil tema “Give Blood and keep the world beating” (“Donorkan darahmu, agar kehidupan dunia terjaga“).
Dunia masih kekurangan darah untuk didonasikan. Saat ini 40 % darah yang terkumpul didonasikan untuk negara berkembang, karena Negara berkembang memiliki penduduk dan membutuhkan donor darah lebih banyak. Badan Kesehatan Dunia World Health Organization (WHO) bercita-cita agar pada tahun 2022, semua Negara sudah dapat memperoleh seluruh kebutuhan darahnya dari donor sukarela (DDS) yang tidak dibayar.
Selama pandemi COVID-19, meskipun mobilitas terbatas dan tantangan lainnya, donor darah di banyak negara terus menyumbangkan darah dan plasma kepada pasien yang membutuhkan transfusi. Upaya luar biasa selama masa krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini menyoroti peran penting dari donor darah sukarela yang terorganisir dengan baik, berkomitmen, dan tidak dibayar dalam memastikan suplai darah yang aman dan cukup selama masa normal dan darurat.
Pesan kampanye Hari Donor Darah Sedunia menyoroti kontribusi penting yang dilakukan donor darah untuk menjaga dunia tetap berdetak (berdenyut) setiap detik dengan menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesehatan orang lain. Ini memperkuat seruan global untuk lebih banyak orang di seluruh dunia untuk menyumbangkan darah secara teratur dan berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.
Target khusus dari kampanye HBDS tahun ini adalah menggerakkan peran kaum muda dalam memastikan suplai darah yang aman. Di banyak negara, kaum muda telah berada di garis depan kegiatan dan inisiatif yang bertujuan untuk mencapai suplai darah yang aman melalui donor darah sukarela tanpa imbalan. Kaum muda merupakan bagian besar dari populasi di banyak masyarakat dan umumnya penuh dengan idealisme, antusiasme, dan kreativitas.
Mari pada moment HBDS ini, kita menyampaikan penghargaan dan apresiasi tinggi kepada para pendonor darah sukarela seraya menggerakkan diri kita dan keluarga, teman serta tetangga menjadi pendonor darah sukarela, menjadi pahlawan bagi kehidupan. Kontributor @Arifin MH.