RS Tk.II dr. Soepraoen

INSTALASI GIZI

Kebutuhan gizi harus diperhatikan dalam pemberian makanan dan minuman untuk menunjang aktivitas dan kesehatan seseorang. Terlebih lagi dalam keadaan sakit atau dalam perawatan, maka pemberian gizi yang baik dan sesuai akan membantu dalam upaya pencegahan, mempersingkat masa perawatan dan membantu proses penyembuhan.
Berkaitan dengan hal di atas, Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen memiliki Ahli Gizi yang dapat memberikan layanan konsultasi gizi bagi pasien yang membutuhkan, dengan tujuan agar pasien mengetahui lebih dalam tentang kebutuhan atau asupan gizi yang diperlukan.

Pelayanan gizi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen merupakan salah satu pelayanan penunjang medik.
Dalam pelayanan kesehatan paripurna Rumah Sakit yang terintegrasi dengan kegiatan lainnya, pelayanan gizi memiliki peranan penting dalam mempercepat pencapaian tingkat kesehatan baik bersifat promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Kegiatan pokok pelayanan gizi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen meliputi : pengadaan dan pengolahan / produksi makanan, layanan gizi di ruang rawat inap, penyediaan katering diet serta penyuluhan dan konsultasi gizi, baik untuk rawat inap maupun rawat jalan.

Pelayanan konsultasi Rumah Sakit Tk. II dr. Soepraoen meliputi :
Diet Penyakit
– Diet gangguan lambung dan usus.
– Diet penyakit hati dan kantung empedu
– Diet Penyakit Diabetes Mellitus
– Diet Penyakit Jantung
– Diet pada Hipertensi ( tekanan darah tinggi )
– Diet pada Hiperkolesterdemia ( kolesterol tinggi)
– Diet Penyakit Ginjal
– Diet Penyakit Gourt Artritis ( asam urat )
Konsultasi Program Penurunan atau Penambahan Berat Badan, yaitu program yang dirancang khusus untuk pengaturan pola makan yang sehat dan sekaligus untuk menurunkan atau menambah berat badan.